Jumat, 19 Desember 2014

Perubahan dan Perkembangan Organisasi Perekonomian Rakyat (Koperasi)




            Koperasi merupakan organisasi  perekonomian rakyat yang berfungsi sebagai usaha bersama dalam memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup yang didasarkan pada asas kekeluargaan. Pada awal kemerdekaan, koperasi berfungsi untuk mendistribusikan keperluan masyarakat sehari-hari di bawah Jawatan Koperasi, Kementerian Kemakmuran. Pada tahun 1946, berdasarkan hasil pendaftaran secara sukarela yang dilakukan Jawatan Koperasi terdapat sebanyak 2.500 buah koperasi. Koperasi pada saat itu dapat berkembang secara pesat.
            Namun karena sistem pemerintahan yang berubah-ubah maka terjadi titik kehancuran koperasi Indonesia menjelang pemberontakan G30S / PKI. Partai-partai memenfaatkan koperasi untuk kepentingan partainya, bahkan ada yang menjadikan koperasi sebagai alat pemerasan rakyat untuk memperkaya diri sendiri, yang dapat merugikan koperasi sehingga masyarakat kehilangan kepercayaannya dan takut menjadi anggota koperasi.
            Pembangunan baru dapat dilaksanakan setelah pemerintah berhasil menumpas pemberontakan G30S / PKI. Pemerintah pun melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Kehadiran dan peranan koperasi dalam perekonomian nasional merupakan pelaksanaan amanat penderitaan rakyat. Masa pasca kemerdekaan memang dapat dikatakan berkembang tetapi pada masa itu membuat perkembangan koperasi berjalan lambat. Namun meskipun begitu saat ini koperasi sudah mulai berjalan dengan baik dan tersebar luas.

            Sepanjang sejarah perkembangannya organisasi perekonomian rakyat seperti koperasi melalui banyak proses-proses perubahan. Perubahan dalam koperasi sejak dulu hingga sekarang disebabkan oleh faktor intern dan ekstern mulai dari faktor kebutuhan rakyat sampai faktor krisis perekonomian. Namun meskipun telah melalui perubahan mulai dari perubahan jaman sampai dengan perubahan pola pikir masyarat, koperasi mampu tetap bertahan sebagai organisasi perekonomian rakyat karena strategi dan pendekatan yang dilakukan oleh setia anggotanya mampu membuat organisasi ini tetap bertahan bahkan berkembang.


                                        Adistia Bianca Rizki~~10113209~~2KA23

0 komentar:

Posting Komentar