Sabtu, 21 Juni 2014

Pancasila Ideologi Campuran?

            Indonesia merupakan negara yang strategis didunia. Indonesia diapit oleh dua Benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan Indonesia berada diantara dua Samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Jadi jelas Indonesia merupakan jalur perdangan dunia. Orang dari berbagai macam negara diseluruh belahan dunia melakukan perdagangan melalui jalur Indonesia. Berbagai macam informasi mengenai sejarah negara-negara lain dapat diketahui oleh bangsa Indonesia termasuk Ideologi besar dunuia. Budaya di Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasiona;, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 19945. Pancasila itu dibuat berdasarkan kebudayaan yang ada di Indonesia sejak jaman dahulu, dan budaya Indonesia merupakan buaya campuran antara buaya lokal/asli, budaya asing. Menjadikan budaya itu sebagai Ideologi berarti menjadikan Pancasila sebagai pokok dasar pemikiran yang berasal dari campuran suatu budaya/kebiasaan.
            Berdasarkan budaya bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai ras dan suku yang memiliki bahasa dan adat istiadat masing-masing. Meskipun suku-suku bangsa itu menempati daerah yang terpisah, ada banyak kesamaan diantara mereka dalam nilai-nilai tertentu. Secara keseluruhan suku bangsa ini bertuhan dan memiliki ritual budaya dalam menyembah Tuhannya. Sebagai ideologi bangsa Pancasila harus tersosialisasi dalam bentuk ajaran atau doktrin yang mengandung nilai-nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis. Ajaran atau doktrin ini harus memiliki platform yang jelas mengenai ekonomi Pancasila yang rumusannya secara ilmiah maupun kebijakan serta strateginya di strata pemerintahan sudah mengandung nilai Pancasila.

Ideologi di dunia
            Banyak ideologi di dunia yang mempunyai nama, tetapi banyak juga yang tidak bernama. Semua bangsa pasti memiliki ideologi masing-masing, Bangsa Amerika serikat pasti memiliki ideologi, tetapi tidak bernama. Ketika Republik Rakyat China ahir, Dr Sun Yat Sen menamakan deologi ereka San Min Chu I. Ideologi Jepang bernama Tenno Koodo Seishin. Hitler mendirikan Jermania denga ideology Nasional Sosialisme, dan Lenin mendirikan Uni Soviet dengan ideology Marxisme Leninisme (komunisme). Sesuatu yang bernama memang mudah disosialisasikan sekaligus mdah dirongrong, dikritisi dan dkecam. Karl Marx tidak menamakan ajarannya Marxisme, tetapi para pengikutnya manamakan ajaran dari rangkuman buku-buku yang ditulisnya denan Marxisme. Padahal tidak ada satu buku tulisan Karl Marx yang berjudul Marxisme. Karl Marx menggunakan istilah ideology dalam semua pengertian kataini dalam bukunya Germany Ideologi.
Di Indonesia, pada masa Orde Baru Pancasila sangat dikeramatkan dan disakralkan oleh pemerintah ang saat itu amat mendominasi segala aspek kehidupan bangsa sehingga ideology ini menjadi hegemoni. Ideologi yang menjadi hegemoni akan lenyap bersamaan dengan jatuhnya suatu rezim. Mengamalkan ideology seperti pada era Orde Baru dapat membahayakan ideology itu sendiri. Saat ini pada era reformasi, dapat dirasakan bahwa sebagian masyarakat telah mengidentikan Pancasila dengan Orde Baru.
Kegunaan ideology dapat dibagi menjadi empat pendekatan:
1.      Ideology sebagai pemikran politik
2.      Ideology sebagai norma dan keyakinan
3.      Ideology sebagai bahasa symbol dan mitos
4.       Ideology sebagai kekuasaan elite
            Pendekatan pertama secara khusus lebih berhubungan dengan “isme” Barat seperti liberalism, marxisme dan sosialisme. Pendekata kedua berhubungan dengan pemikiran yang cenderung kurang sistematis. Pendekatan ketiga lebih mengarah ada symbol dan mitos, seperti tanda gambar Kabah pada Partai Persatuan Pembangunan yang menunjukkan aliran agama Islam. Pendekatan keempat berhubungan dengan cara elite memastikan Komforitas dan dukungan, seperti kepastian dukungan calon presiden dan kepala daerah dari partai pendukungnya. Dari pengalaman sejarah, perkembangan ideologi di Indonesia tidak terlepas dari perkembagan politik. Antara ideologi dan politik terdapat hubungan yang erat dan timbal balik.

Kesimpulan:
            Ideologi Indonesia itu merupakan ideologi yang sejak awalnya merupakan campuran dari berbagai macam pokok pikiran mulai dari lokal sampai asing yang sudah menjadi suatu kebiasaan dan menjadi dasar pokok pemikiran.
·         Apakah pernyataan bahwa pancasila diilhami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Dengan pernyataan bahwa Pancasila berakar pada kepribadian bangsa Indonesia sendiri, tidak saling bertentangan?
            Tidak, Karena pada dasarnya pokok-pokok pikiran bangsa Indonesia merupakan pokok pikiran dari sebuah kebudayaan nasional yang sudah menjadi satu antara buaya lokal, daerah, dan budaya asinng, jadi Pancasila berakar dari keprinbadian bangsa dimana asal mula kepribadian tersebut merupakan campuran dari berbagai macam kebudayaan.
·         Apakah memang Pancasila sebagai ideologi gado-gado?

            Tidak, karena Pancasila berasal dari kepribadian bangsa bukan mengambil paham dari kepribadian bangsa lain. Melainkan berdasarkan kepribadian bangsa sendiri yang memiliki asal mula dari berbagai macam campuran kebudayaan.

0 komentar:

Posting Komentar