Gambaran Umum Perusahaan
BCA Card Centrre Cabang Surabaya
merupakan cabang kedua dari empat kantor cabang yang dimiliki oleh BCA Card
Centre di Indonesia. Sebagai cabng yang kedua, BCA Card Centre Cabang Surabaya
secara resmi mulai beroperasi pada bulan April tahun 1992, dimana pendiriannya
mengacu pada dasar hukum atas kegiatan usaha institusi kartu kredit yang pada
umumnya dikeluarkan oleh bank-bank Indonesia.
Sedangkan
dasar hukumnya diataur di dalam pasal 6 huruf “I” Undang-Undang no.7 tahun 1992
tentang Perbankan yang berbunyi :
“Usaha Bank meliputi melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan wali amanat.”
Selain itu, pendirian BCA Card Centre Cabang Suarabaya juga mengacu pada pokok-pokok Paket Deregulasi Bidang Keuangan dan Perbankan tanggal 27 Oktober 1988 (PAKTO 27) nomor II angka “1” mengenai kemudahan pembukaan kantor baik, dimana di dalamnya dijelaskan pada huruf “C”, yaitu : “Untuk pembukaan kantor cabang dapat dilakukan cukup dengan memberitahukan kepada Bank Indonesia”.
Struktur
Organisasi
Adapun tugas
dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dapat di uraikan sebagai berikut :
- Branch Manager
a. Bertanggung jawab atas kemajuan
perusahaan.
b. Bertanggung jawab kepada pimpinan
pusat.
c. Mempunyai wewenang tertinggi
dalam pengambilan keputusan.
d. Mengkoordinasi dan mengawasi
pelaksanaan pekerjaan masing-masing bagian yang ada dalam perusahaan.
- Sekretaris
a. Membantu Branc Manager dalam
melaksanakan tugas-tugasnya.
b. Menangani masalah-masalah
kesekretariatan, seperti surat-menyurat, file, dan sebagainya.
- Marketing Unit Head
a. Bertanggung jawab atas seluruh
pekerjaan yang ada di bagian/unit pemasaran.
b. Mengkoordinasikan dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit pemasaran agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
b. Mengkoordinasikan dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit pemasaran agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
- Marketing Cardholder
Bertugas untuk menawarkan atau
mempromosikan BCA Card ke perusahaan-perusahaan agar mau memiliki BCA Card.
- Marketing Merchant
Bertugas untuk menawarkan atau
mempromosikan BCA Card dengan mendatangi toko-toko atau pedagang agar mau
menerima pembayaran dengan menggunakan BCA Card.
- Marketing Support
Bagian dalam yang bertanggung jawab
untuk mengurusio administrasi.
- Customer Service
Bertugas untuk melayani
pelanggan/konsumen yang datang langsung ke BCA Card Centre ataupun yang melalui
telepon.
- Credit
a. Bertanggung jawab atas seluruh
pekerjaan yang ada di bagian kredit.
b. Mengkoordinasi dan mengawasi
bagian-bagian yang ada pada bagian kredit sesuai dengan tujuan perusahaan.
- Analisa Kredit
Bertugas menganalisa setiap
permohonan/aplikasi yang masuk ke BCA Card Centre.
- Pengawasan Kredit
Bertugas untuk mengecek tagihan yang
masuk ke BCA Card Centre dan mengawasi kartu-kartu kredit.
- Penagihan Kredit
Bertugas untuk mengurusi pembayaran Cardholder dengan cara menelpon atau menagih secara
langsung.
- Risk dan Management Security
Bertugas untuk membantu bagian
pengawasan dan penagihan kredit (karena ketiga-tiganya saling berkaitan).
- Operational Unit Head
a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di
bagian/unit operasional. agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
b. Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada
pada bagian/unit operasional agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan
perusahaan.
- Kasie Operasional
a.
Bertanggung jawab kepada Operasional Unit Head.
b.
Mengawasi tugas-tugas dari Staff Operational I dan
Staff Operational II.
- Staff Operational I dan Staff Operational II
Bertugas untuk
mengoperasikan/memproses faktur-faktur yang masuk ke BCA Card Centre.
- Kolektor
Bertugas untuk mengambil faktur di
toko-toko atau pedagang yang menerima pembayaran dengan BCA Card.
Reff:
http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=6&submit.y=12&submit=prev&page=2&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Feman%2F1996%2Fjiunkpe-ns-s1-1996-31491051-11465-kredit_bca-chapter3.pdf
Adistia Bianca Rizki~~~10113209~~~2KA23
0 komentar:
Posting Komentar