Teknologi dapat didefiniskan sebagai
pengetahuan atau perlengkapan yang digunakan untuk menghasilkan produk atau
jasa. Internet adalah contoh yang jelas dari teknologi. Dengan
menggunakan teknologi untuk meningkatkan modal, banyak bisnis mampu
menghasilkan produk dan jasa dengan lebih cepat dan kualitas yang lebih
tinggi. Teknologi informasi melibatkan
penggunaan informasi untuk menghasilkan produk atau jasa. Teknologi informasi
meliputi penggunaan komputer untuk mentransfer informasi antar departemen dalam
suatu perusahaan dan internet untuk
menyediakan informasi bagi pelanggan. (Madura, 2007)
Perkembangan lingkungan bisnis
dengan perubahan teknologi yang semakin inovatif ke arah global menuntut
pengambilan keputusan bisnis yang berkualitas. Penerapan teknologi dan
informasi menyebabkan kebiasaan baru pada bidang bisnis. Dalam bidang bisnis
saat ini pemggunaan komputer sangat penting untuk menunjang kegiatan transaksi.
Misalnya pada perusahaan dagang seperti departemen store, telah dipergunakan
mesin kasir (cash register) yang
dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh
pihak manajer secara cepat dan tepat. Pengaruh teknologi memberikan kemudahan
dan kelancaran dalam melakukan berbagai urusan bisnis.
Terdapat beberapa pengaruh teknologi
komputer dalam perkembangan bisnis, diantaranya:
1.
Analisa
Produk Dan Pasar
Internet dapat dijadikan tempat
yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat
langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan
untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan
keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk diluncurkan maka perusahaan
pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap
produk baru tersebut.
2.
Rekruitmen
Tenaga Kerja dan Penyedian Lowongan Kerja
Saat
ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet
semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak daftar lowongan kerja dan bahkan juga
pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga
kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan
web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet
seperti newsgroup atau usenet.
3.
Akses
Informasi dan Penyebaran Informasi
Mempublikasikan
berita melalui internet dapat
tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika
dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos
4.
Komunikasi
Yang Cepat dan Pengiriman Dokumen Dengan Biaya Murah
Berbagai
fasilitas yang ada di internet telah
banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang
telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima
dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat
komunikasi yang dilakukan di internet.
Internet dapat juga di gunakan untuk
mengirim dokumen secara online dalam waktu yang singkat.
5.
Peluang
Bisnis Baru
Banyak
yang secara terus menerus memanfaatkan Internet
untuk mencari ide-ide inovatif dan
baru. Pemakai Internet sering
memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana
kooperatif di antara pemakai internet.
Internet sering dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Perkembangan teknologi komputer dan
bisnis yang menyertainya dalam beberapa tahun ini semakin terasa dampaknya
dalam aktifitas keseharian masyarakat. Kemudahan komunikasi yang disajikan
memungkinkan perolehan informasi dengan cepat. Teknologi dan globalisasi telah
mendukung seleksi alamiah dalam dunia bisnis. Keberhasilan pasar akan didapat
oleh pelaku bisnis yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan
saat ini. Dengan perkembangan teknologi pelaku bisnis harus mampu menghasilkan
nilai pada barang atau jasa yang dapat menarik minat beli masyarakat.
DAFTAR
PUSTAKA
Madura,
Jeff. 2007. Pengantar Bisnis. Jakarta:
Salemba Empat.
Purwanto,
Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis.
Jakarta: Erlangga.