Jumat, 24 Juni 2016

Dampak Komputer Terhadap Perkembangan Bisnis

            Teknologi dapat didefiniskan sebagai pengetahuan atau perlengkapan yang digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa.  Internet adalah contoh yang jelas dari teknologi. Dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan modal, banyak bisnis mampu menghasilkan produk dan jasa dengan lebih cepat dan kualitas yang lebih tinggi.  Teknologi informasi melibatkan penggunaan informasi untuk menghasilkan produk atau jasa. Teknologi informasi meliputi penggunaan komputer untuk mentransfer informasi antar departemen dalam suatu perusahaan dan internet untuk menyediakan informasi bagi pelanggan. (Madura, 2007)
            Perkembangan lingkungan bisnis dengan perubahan teknologi yang semakin inovatif ke arah global menuntut pengambilan keputusan bisnis yang berkualitas. Penerapan teknologi dan informasi menyebabkan kebiasaan baru pada bidang bisnis. Dalam bidang bisnis saat ini pemggunaan komputer sangat penting untuk menunjang kegiatan transaksi. Misalnya pada perusahaan dagang seperti departemen store, telah dipergunakan mesin kasir (cash register) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer secara cepat dan tepat. Pengaruh teknologi memberikan kemudahan dan kelancaran dalam melakukan berbagai urusan bisnis.
            Terdapat beberapa pengaruh teknologi komputer dalam perkembangan bisnis, diantaranya:
 1.    Analisa Produk Dan Pasar
Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut.
 2.    Rekruitmen Tenaga Kerja dan Penyedian Lowongan Kerja
Saat ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
 3.    Akses Informasi dan Penyebaran Informasi
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos
 4.    Komunikasi Yang Cepat dan Pengiriman Dokumen Dengan Biaya Murah
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga di gunakan untuk mengirim dokumen secara online dalam waktu yang singkat.
 5.    Peluang Bisnis Baru
Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.

            Perkembangan teknologi komputer dan bisnis yang menyertainya dalam beberapa tahun ini semakin terasa dampaknya dalam aktifitas keseharian masyarakat. Kemudahan komunikasi yang disajikan memungkinkan perolehan informasi dengan cepat. Teknologi dan globalisasi telah mendukung seleksi alamiah dalam dunia bisnis. Keberhasilan pasar akan didapat oleh pelaku bisnis yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan saat ini. Dengan perkembangan teknologi pelaku bisnis harus mampu menghasilkan nilai pada barang atau jasa yang dapat menarik minat beli masyarakat.



DAFTAR PUSTAKA

Madura, Jeff. 2007. Pengantar Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.