Senin, 26 Agustus 2013

Pentingnya Kedekatan Musisi Dengan Media

            Penggemar merupakan sesuatu yang paling penting untuk para pemusik kreatif atau yang dikenal sebagai musisi, penggemar merupakan dasar penunjang keberhasilan para pemusik dalam berkarya. Karena tanpa ada penggemar maka seorang musisi tidak akan memiliki dukungan dan karir mereka dapat menurun. Akan tetapi untuk mendapatkan banyak penggemar bukan menjadi hal yang mudah. Karena musisi harus menghasilkan suatu karya musik yang kreatif dan mampu memberikan daya tarik tersendiri agar dapat dinikmati oleh banyak orang, yang selanjutnya orang-orang tersebut akan menjadi penggemar para musisi yang memiliki daya tarik dan kreatifitas yang baik. Namun untuk mendapatkan banyak penggemar selain harus memiliki daya tarik dan kreatifitas musisi juga harus memiliki kedekatan dengan media Media publikasi yang dimaksud disini sangat beragam, mulai dari media penyiaran, media pertelevisian, maupun media cetak. Seorang musisi dalam karirnya apabila tidak ada ikatan dan kedekatan dengan media maka akan sama seperti sebuah gedung yang dibangun tanpa ada pondasi. Karena pada kenyataan yang dapat dilihat saat ini bahwa media adalah sarana yang memfasilitasi musisi dalam mancapai karir terbaik sesuai yang diinginkannya.
Media memiliki banyak cara dalam memfasilitasi karir para musisi, diantaranya ialah ;
   Media Cetak selalu memberikan beberapa bagian halamannya untuk diisi oleh artikel-artikel mengenai riwayat karir seorang musisi, album yang dikeluarkan oleh musisi tersebut, bahkan tidak sedikit yang membicarakan mengenai masalah-masalah pribadi musisi tersebut, dalam hal ini tentu saja setiap minggunya musisi yang berbeda yang akan dibahas.
   Media Pertelevisian sering kali media pertelevisian mengadakan acara-acara musik yang diisi oleh penampilan-penampilan para musisi, sebenarnya media ini adalah yang sangat berpengaruh dalam membantu musisi dalam memperkenalkan karya yang mereka buat. Karena pada dasarnya persentase membuktikan bahwa masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu luang untuk menonton televisi dibanding menikmati media lain.
   Media Penyiaran saat ini media penyiarn bukan hanya untuk memberikan informasi-informasi saja tetapi juga menyediakan musik-musik untuk para pendengarnya. Di media ini tidak sedikit musisi yang mempromosikan karya mereka, bahkan tidak jarang musisi-musisi tersebut bersedia untuk diwawancara oleh penyiar.

Dalam hal ini berarti hanya melalui media para musisi-musisi dapat mempromosikan serta memperkenalkan diri dan karya yang mereka ciptakan. Semua tau bahwa masyarakat tidak pernah menjumpai seorang musisi dalam memperkenalkan karya mereka dengan cara berkampanye di depan gedung DPR, atau mungkin menjahit mulut mereka sehingga tidak dapat menyanyi demi mendapatkan hak kemusisian mereka yaitu memiliki penggemar. Pada kenyataannya musisi bukanlah Buruh, karena musisi yang memiliki akses kedekatan dengan media akan mudah didengarkan apresiasinya oleh banyak kalangan dan dalam mendapatkan tunjangan keberhasilan tidak terlalu sulit. Namun untuk memiliki akses kedekatan dengan media bukan hal yang mudah, hal ini disebabakan oleh sesungguhnya prinsip dasar ekonomi yaitu “untuk saling menguntungkan” tetap yang menjadi faktor utamanya. Siapa pun tentu saja tidak ada yang ingin dirugikan. Dalam hal ini media dan musisi sama-sama tidak ingin dirugikan. Media tidak sembarang dalam memilih musisi yang akan mereka publikasi. Tentu saja media memilih musisi berdasarkan kualitas karya yang diciptakannya, perbincangan yang sedang memanas di dalam industri musik, situasi yang sedang berlangsung (rahmadan, kemerdekaan, sumpah pemuda, tahun baru, natal, worldcup, dan masih banyak situasi-situasi lainnya) tergantung bagimana tindakan dan pergerakan musisi dalam menciptakan karya yang sesuai dengan situasi yang sedang menjadi perbincangan banyak orang.

Dapat dikatakan pula bahwa media sangat berkaitan erat dengan karir para musisi, dalam konteks ini pula ada kaitannya dengan hukum fisika yang disebut sebagai The Law Of Interaction yaitu hukum tarik menarik, dimana media membutuhkan musisi yang berkualitas dan memiliki daya tarik untuk mendapatkan banyak pembaca(untuk media cetak), penonton(untuk media pertelevisian), dan pendengar(untuk media penyiaran) dengan memiliki banyak peminat yang ingin mengetahui serta mendapat hiburan dari hasil publikasi media-media tersebut maka akan menarik perhatian para sponsor yang akan memberikan dana untuk madia-media tersebut. Dan musisi pun membutuhkan media untuk membantu menaikan karirnya ketingkat atas dengan cara mempromosikan karya mereka, dan mengikut sertakan musisi-musisi tersebut dalam acara music yang di adakan oleh media, serta memasukan karya musisi tersebut ke dalam tingkat tangga musik tarbaik menurut penilaian para penggemarnya.


Bukan menjadi rahasia publik lagi bahwa di Indonesia musisi menjadi profesi yang sangat diminati, bukan hanya di Indonesia bahkan dalam dunia internasional musisi menjadi profesi yang sangat banyak peminatnya terbukti dengan banyak diadakannya ajang-ajang musik untuk menyaring dan mendapatkan musisi-musisi baru yang memiliki kreatifitas yang baik untuk menggantikan musisi-musisi lama yang telah pensiun, ajang-ajang tersebut tentu saja diadakan oleh media-media tertentu dengan sponsor-sponsor yang berkualitas. Jadi sangat penting untuk para musisi agar memiliki akses kedekatan dengan media karena media merupakan dasar yang menjembatani musisi untuk memperkenalkan karya mereka serta menjadi sarana untuk para musisi meningkatkan kepopuleran dari profesi yang sedang di jalani.

0 komentar:

Posting Komentar